Blog yang berisikan Motivasi Hidup

Pola Pandang Plato Tentang Karya Seni dan Keindahan.

Pandangan Plato tentang Karya Seni
Pandangan Plato tentang karya seni dipengaruhi oleh pandangannya tentang ide. Sikapnya terhadap karya seni sangat jelas dalam bukunya Politeia (Republik). Plato memandang negatif karya seni. Ia menilai karya seni sebagai mimesis mimesos. Menurut Plato, karya seni hanyalah tiruan dari realita yang ada. Realita yang ada adalah tiruan (mimesis) dari yang asli. Yang asli itu adalah yang terdapat dalam ide. Ide jauh lebih unggul, lebih baik, dan lebih indah daripada yang nyata ini.
Pandangan Plato tentang Keindahan
Pemahaman Plato tentang keindahan yang dipengaruhi pemahamannya tentang dunia indrawi, yang terdapat dalam Philebus. Plato berpendapat bahwa keindahan yang sesungguhnya terletak pada dunia ide.Ia berpendapat bahwa kesederhanaan adalah ciri khas dari keindahan, baik dalam alam semesta maupun dalam karya seni.Namun, tetap saja, keindahan yang ada di dalam alam semesta ini hanyalah keindahan semu dan merupakan keindahan pada tingkatan yang lebih rendah.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori terbaru dengan judul Pola Pandang Plato Tentang Karya Seni dan Keindahan.. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zeinsee.blogspot.com/2013/05/pola-pandang-plato-tentang-karya-seni.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: zeinsee - Senin, 20 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Pola Pandang Plato Tentang Karya Seni dan Keindahan."

Posting Komentar